Definisi Crowdfunding Beserta Jenis Jenisnya

crowdfounding

Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah metode pembiayaan usaha bisnis, proyek, atau tujuan dengan mengumpulkan kontribusi moneter kecil dari sekelompok besar orang melalui platform online. Mereka yang menyumbangkan dana dapat berupa teman, keluarga, investor yang tertarik, atau bahkan orang asing yang simpatik, tergantung pada apa yang Anda coba danai.

Karena equity crowdfunding Indonesia memberi peluang bagi pengusaha untuk mempromosikan produk, layanan, atau usaha mereka ke skala besar kumpulan investor dengan risiko keuangan minimal, penting untuk mengetahui cara kerjanya, serta pro dan kontra.

Pengertian dan Jenis Crowdfunding

Crowdfunding adalah metode pembiayaan penggalangan dana melalui dukungan pendukung yang biasanya berkontribusi melalui platform online. Kampanye crowdfunding biasanya memiliki tujuan moneter dan tenggat waktu yang ditetapkan untuk mencapainya.

Ada tiga jenis crowdfunding yang berbeda yang dapat digunakan pengusaha untuk mengumpulkan dana untuk bisnis mereka:

  • Hadiah crowdfunding: Jenis crowdfunding ini menawarkan pendukung hadiah kampanye Anda, seperti pengalaman eksklusif atau versi awal produk atau layanan Anda.
  • Crowdfunding hutang: Metode ini memungkinkan pemberi pinjaman untuk meminjamkan sebagian dana dan memperoleh bunga atas pembayaran utang.
  • Penggalangan dana ekuitas: Metode ini memberikan peluang investasi pendukung dengan imbalan ekuitas atau potensi pengembalian di masa depan.

Cara Kerja Crowdfunding

Katakanlah Anda seorang pengusaha yang ingin pergi ke pasar dengan produk inovatif, dan Anda memutuskan untuk mengambil rute crowdfunding untuk membiayainya. Anda dapat memilih platform platform crowdfunding popular seperti Amartha dan mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan oleh platform tertentu untuk meluncurkan kampanye Anda.

Saat memilih tempat untuk meluncurkan upaya crowdfunding Anda, teliti pilihan Anda—ada berbagai biaya yang terlibat, dan beberapa situs memiliki pendekatan semua-atau-tidak sama sekali di mana Anda tidak menerima dana Anda kecuali Anda memenuhi target Anda tujuan.

Untuk mempromosikan kampanye crowdfunding Anda, Anda harus menerapkan strategi utama seperti penjangkauan media sosial di profil Anda dan halaman, pemasaran email dengan penawaran khusus, membeli iklan Facebook bertarget, dan membuat halaman arahan untuk produk diri.

Kelebihan dan Risiko dari Crowdfunding

Kelebihan

  • Risiko keuangan rendah
  • Anda menjaga ekuitas Anda
  • Visibilitas yang ditingkatkan

Kontra

  • Waktu terbatas dan investasi besar
  • Kampanye Anda mungkin tidak berhasil
  • Ide Anda bisa dicuri

Leave a Comment