Hal-Hal yang Tidak Termasuk Tanggungan Asuransi Mobil All Risk

Mungkin anda berpikir akan lebih baik menggunakan asuransi all risk mengingat hampir semua resiko bisa ditanggungnya berbeda dengan asuransi TLO yang hanya menanggung kerusakan di atas 75%. Namun, perlu Anda ketahui jika ada beberapa hal yang tidak ditanggung asuransi all risk, apa saja? Berikut informasinya:

1.     Aksesoris Mobil

Bagi Anda yang sudah memodifikasi mobil dengan banyak aksesoris, maka kegiatan tersebut tidak termasuk dalam tanggungan asuransi. Bertanyalah kepada perusahaan asuransi all risk apakah aksesoris yang disematkan pada mobil ikut terproteksi atau tidak. Sebab kebanyakan asuransi all risk tidak menanggung bagian yang satu ini.

2.     Asuransi All Risk Tidak Menambah Nilai Jual

Asuransi all risk tidak bisa dipindah tangankan kepada orang lain. Jadi, jika Anda menganggap mobil akan menjadi lebih mahal karena terproteksi asuransi all risk, maka Anda salah besar. Ketika mobil dijual, maka manfaat perlindungan mobil pun akan otomatis hilang.

3.     Tidak Ada Double Claim

Hal yang tidak termasuk tanggungan all risk berikutnya adalah double claim serta koordinasi manfaat asuransi lain, maksudnya adalah, ketika Anda ingin memiliki banyak manfaat asuransi kendaraan dan memutuskan membeli dua asuransi bersamaan, maka hal tersebut sia-sia. Mengapa? Karena asuransi all risk tidak boleh double claim.

4.     Asuransi Mobil Bekas Lebih Murah dibandingkan Mobil Baru

Tidak ada jaminan premi asuransi mobil bekas lebih murah dibanding yang baru. Sebab mahal murahnya premi yang dikeluarkan nasabah tergantung dari jenis kendaraan,tahun kendaraan, serta manfaat yang ingin didapatkan. Jika ingin membandingkan BMW bekas dengan mobil baru tipe avanza,  tentu masih lebih mahal premi BMW bekas.

5.     Asuransi Tidak Berlaku untuk Pihak Ketiga

Perusahaan asuransi manapun tidak memberikan perlindungan kepada pihak ketiga, kecuali ada perluasan manfaat asuransi. Jadi, ketika terjadi tabrakan dengan pengendara lain, perusahaan hanya melindungi Anda sebagai pemilik polis. Namun, ketiga tabrakan merugikan pihak ketiga, kerugiannya tentu menjadi tanggungan Anda.

Itulah beberapa hal yang tidak ditanggung asuransi all risk. Jadi sebelum memutuskan menggunakan jenis asuransi satu ini, Anda wajib mengetahui informasi diatas.

 

Leave a Comment