Kisaran Biaya Program Bayi Tabung Surabaya

Bayi tabung merupakan salah satu prosedur medis yang dilakukan untuk membantu pasangan suami istri yang ingin memiliki anak namun tidak kunjung hamil. Menurut Aucky Hinting, prosedur yang satu ini bisa menjadi salah satu solusi untuk para pasangan yang punya permasalahan kesuburan sehingga sulit bagi mereka untuk memiliki anak dengan cara normal. Proses kehamilan sendiri bermula saat sel telur yang sudah matang milik wanita dibuahi oleh sperma milik pasangannya di dalam indung telur. Dan jika sel telur yang telah dibuahi tersebut menempel di dinding rahim, maka normalnya janin tersebutakan mulai tumbuh di dalam rahim sang ibu dan akan terlahir 9 bulan kemudian. Tapi dalam kondisi tertentu, ada proses yang tidak berjalan dengan normal. Hal tersebut juga bisa saja disebabkan karena gangguan yang ada pada organ panggul sang istri atau juga bisa saja masalah kesuburan yang dialami oleh sang suami. Dan di kondisi tersebut, prosedur bayi tabung ini dapat dilakukan agar dapat membantu pasien wanita bisa hamil.

Program bayi tabung membantu untuk membuat kehamilan, dengan cara menggabungkan sel telur milik sang istri  dan juga sperma milik sang suami di luar tubuh. Kemudian, sel telur yang telah dibuahi tersebut akan diletakkan lagi di dalam rahim wanita. Meskipun prosedur ini dapat membantu membuat kehamilan, tapi biasanya, sebelum melakukan prosedur bayi tabung ini dipilih, dokter biasanya akan menyarankan metode yang lain terlebih dulu, misalnya pemberian obat-obatan penyubur kandungan serta inseminasi buatan. Dan juga, untuk memperoleh kehamilan, program bayi tabung pun bisa dilakukan guna mencegah kelainan genetik yang bisa saja dimiliki oleh orang tua agar tidak menurun ke janin mereka. Prosedur yang satu ini juga bisa dilakukan pada pasien wanita yang hendak menjalani pengobatan radioterapi serta kemoterapi.

Dengan prosedur bayi tabung, pasien tersebut nantinya akan dapat menyimpan sel telur mereka yang sehat sebelum memulai pengobatan tersebut. Lalu, jika Anda beserta pasangan Anda berencana untuk menjalani program bayi tabung, maka ingatlah jika prosedur yang satu ini tetap mempunyai risiko-risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum dilakukan. Meskipun risiko tersebut relatif jarang terjadi, namun prosedur bayi tabung bisa saja menimbulkan infeksi, perdarahan, bahkan kerusakan pada organ tubuh tertentu, seperti usus. Dan juga, wanita yang melakukan prosedur bayi tabung pun memungkinkan untuk mengalami sindrom hiperstimulasi ovarium. Hal tersebut terjadi karena efek samping obat-obatan yang ia gunakan guna merangsang pembentukan sel telur di ovarium. Kondisi seperti ini juga dapat menyebabkan gejala yang beragam, seperti kembung, sembelit, kram, nyeri ringan, hingga rasa sakit yang tidak tertahankan di perut.

Selain beberapa risiko yang telah disebut diatas, ada beberapa risiko lainnya yang perlu Anda ketahui. Yaitu, keguguran, kehamilan prematur, kelainan genetik pada janin, dan lainnya. Tidak hanya itu saja, prosedur bayi tabung juga sangat menguras banyak tenaga, emosi, serta biaya yang tidak sedikit. Salah satu faktor yang ikut andil dalam menentukan keberhasilan prosedur dari program bayi tabung ialah usia dari sang ibu. Itu merupakan faktor utamanya. Usia maksimal untuk mendapatkan keberhasilan dari program bayi tabung ialah sekitar umur 23–39 tahun, serta dengan persentase tertinggi di bawah umur 35 tahun. Dan juga, beberapa faktor yang lainnya pun dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dari program bayi tabung yang dijalani, misalnya seperti riwayat kesehatan organ reproduksi, faktor gaya hidup, serta penyebab infertilitas.

Karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mulai menjalani prosedur bayi tabung, maka Anda dan pasangan wajib untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sehingga, dokter pun akan dapat memberikan saran yang sesuai dengan kondisi Anda pada saat ini. Lalu, berapa kisaran biaya melakukan program bayi tabung? Besaran biayanya bervariasi, hal ini tergantung pada rumah sakit, serta obat-obatan yang digunakan, jumlah siklus yang dilalui juga berpengaruh. Di Indonesia sendiri khususnya di surabaya, biaya prosedur bayi tabung biasanya sebesar Rp. 40.000.000 per siklus. Namun, jangan lupa untuk menyiapkan setidaknya dana sekitar 20-30% lebih untuk biaya tambahan yang tidak terduga, jika ada.

Leave a Comment