5 Destinasi Desa Wisata yang Dikembangkan Pemerintah

Selain pantai, perbukitan dan gunung, destinasi lain yang wajib kamu kunjungi adalah desa wisata. Suasana pedesaan yang asri dan keunikan budaya masyarakatnya merupakan daya tarik desa wisata yang bisa menyegarkan pikiran sekaligus menambah pengetahuan baru.

Daftar Desa Wisata Luar Jawa yang Dikembangkan Pemerintah 

Sudah sejak lama Pemerintah mengembangkan desa wisata. Gak cuma di Pulau Jawa, desa-desa yang ada di luar Jawa juga mendapat perhatian karena memiliki potensi yang besar.

Berikut contoh 4 desa wisata eksotis yang lokasinya ada di luar Pulau Jawa:

  • Desa Denai Lama, Sumatera Utara 

Denai Lama yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang ini unggul dalam hal kekayaan tradisi dan keindahan alamnya. Maka dari itu, dorongan untuk terus mengembangkan potensi yang sudah ada terus didapat. Hebat, ya?

Kalau kamu berlibur ke sana, ada satu hal yang menarik perhatian yakni eksistensi kafe baca. Tujuan pendirian kafe baca adalah meningkatkan literasi warga setempat dan pengunjung yang datang seputar budaya.

Bukan cuma budaya Batak, kamu juga bisa membaca tentang budaya Melayu dan Jawa. Daya tarik selanjutnya yakni berbagai produk ekonomi kreatif dari warga setempat.

Contoh produk unggulannya seperti kerajinan tangan dari batok kelapa, kain tenun khas, batik jumputan dan bubuk kopi.

Selama berkunjung di Desa Denai Lama, kamu akan dimanjakan juga oleh panorama sawah yang membentang luas.

  • Desa Maria, NTB

Beralih ke wilayah Indonesia bagian timur, tepatnya di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima NTB, Pemerintah juga terus mengembangkan Desa Wisata Maria.

Desa ini terkenal akan kekayaan adat dan budaya, salah satu contohnya adalah Uma Lengge. Bangunan yang atapnya berbentuk kerucut tersebut merupakan rumah tradisional masyarakat Wawo.

Selain sebagai tempat tinggal, Uma Lengge juga dimanfaatkan sebagai lumbung. Sampai sekarang, rumah tradisional Uma Lengge dianggap sebagai warisan berharga yang punya keunikan tinggi.

Kentalnya budaya bertani di tengah masyarakat Desa Maria sampai memunculkan tarian khas yang disebut Kareku Kandei. Gerakan tarian tersebut terinspirasi dari kegiatan menumbuk padi di sawah.

Masih ada lagi jenis tarian lain seperti Mpa’a Ntumbu Tuta, Makatua dan Wura Bongi Monca. Kalau penasaran bagaimana keindahan gerakannya, maka sempatkan waktu ke Desa Wisata Maria, ya!

  • Desa Detusoko, NTT

Selain NTB, desa wisata juga bisa ditemui di NTT yaitu Desa Detusoko yang menjadi salah satu gerbang menuju Taman Nasional Kelimutu. Potensi pariwisata di desa ini cukup besar mulai dari panorama alam hingga sajian kuliner yang khas.

Pemandangan ikonik dari Desa Wisata Detusoko adalah persawahan yang luasnya berbeda-beda. Fenomena tersebut memang gak dibuat-buat karena sudah ada sejak zaman dulu. Jadi, panorama sawah yang luasnya gak seragam, susah kamu temukan di daerah lain.

Fasilitas seperti homestay di Desa Detusoko juga tersedia. Perawatannya tentu dilakukan dengan baik demi memberikan akomodasi yang optimal bagi para wisatawan.

Jadi, kalau kamu berlibur ke Ende, pertimbangkan untuk menginap di Desa Wisata Detusoko. Asyik, lo, karena kamu bakal membaur dengan kehidupan pedesaan di sana sekaligus belajar tentang tradisi setempat.

  • Desa Rammang-Rammang, Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan, tepatnya Kabupaten Maros memiliki salah satu destinasi andalan yang dikenal dengan nama Desa Wisata Rammang-Rammang. Desa ini punya atraksi budaya dan produk ekonomi kreatif yang menjadi modal utama untuk menggaet banyak wisatawan.

Ketika berkunjung ke sana, kamu bisa menyusuri Sungai Puta menggunakan perahu kayu. Selama naik perahu, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam terbuka yang hijau nan asri.

Kegiatan di darat gak kalah seru. Desa Rammang-Rammang sering menampilkan tari Paduppa untuk menyambut para tamu. Selain itu, berbagai hasil kerajinan tangan khas juga bisa kamu lihat seperti anyaman dari daun nipah dan fashion payet.

Selepas lelah berkeliling desa, sajian kuliner khas Rammang-Rammang siap untuk disantap sambil beristirahat. Beberapa olahan yang ikonik seperti ikan bambu, ikan bandeng tanpa tulang, abon telur dan minuman hangat.

  • Desa Sani Sani, Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara punya desa wisata yang menyajikan panorama menakjubkan, lo. Namanya adalah Desa Sani Sani yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kolaka.

Jadi, desa tersebut memiliki spot tinggi yang terkenal bernama Puncak Indah Kapu. Dari dataran puncaknya, kamu bisa melihat pemandangan berupa hamparan perkebunan cengkeh, perkebunan lada, gugusan pulau dan luasnya laut biru.

Gak cuma dari kejauhan, tempat-tempat eksotis tersebut juga bisa kamu nikmati dari dekat. Makanya, wajar kalau Desa Sani Sani sering ramai oleh wisatawan yang ingin melihat langsung keunikan atraksi budaya dan keindahan alamnya.

Indonesia memang memiliki wilayah pedesaan yang berpotensi sebagai tempat wisata. Sebab, ada keunikan tradisi masyarakat lokal, keindahan bentang alam serta produk kreatif yang dihasilkan. Sempatkan waktu liburan kamu untuk menyambangi salah satunya, ya!

Leave a Comment