Juara Pro Futsal League Dari Tahun Ke Tahun, Yang Mana Favoritmu?

Pro Futsal League sebagai persaingan futsal professional paling berprestise di Indonesia. Sekarang ini, persaingan itu Dituruti oleh 16 club futsal professional yang terdiri dari dua group berlainan.

Persaingan beradu taktik di tempat futsal itu telah diselenggarakan di Indonesia semenjak tahun 2006 kemarin. Dengan begitu, sampai sekarang persaingan itu telah terlaksana sekitar 13 kali dengan baru enam club yang terdaftar pernah memenangkan liga futsal professional ini.

Juara PFL Dari Periode Ke Periode

Pro Futsal League atau liga futsal professional Indonesia ini awalannya diadakan dengan judul Indonesia Futsal League (IFL). Saat bertema IFL di bawah pengurusan Tubuh Futsal Nasional (BFN), persaingan ini sudah sukses 7x diadakan.

Sepanjang masih bertema IFL, empat nama team besar telah ada sebagai berlangganan juara. Mereka ialah Biangbola, Electric PLN, Harimau Rawa dan IPC Pelindo II. Biangbola dan Harimau Rawa sukses rasakan satu titel juara.

Seterusnya IPC Pelindo berhasil mendapat dua titel juara dan Electric PLN sebagai club paling sukses sepanjang Indonesia Futsal League dengan pencapaian tiga titel juara di tahun 2008, 2009 dan 2013 sesudah Electric PLN lakukan merger bersama club Cosmo Jakarta.

Kemenangan Electric PLN Cosmo sebagai kemenangan paling akhir untuk gelaran Indonesia Futsal League. Di tahun 2014, IFL tidak diadakan karena BFN sebagai pengurus disetop oleh PSSI. Tukarnya, PSSI membuat Federasi Futsal Indonesia (AFI) untuk mengurusi beragam hal berkaitan dunia futsal tanah air.

Ganti pelaksana, nama kompetisinya juga ikut berbeda dari Indonesia Futsal League jadi Liga Super Futsal Indonesia. Di tahun 2015, persaingan itu kembali diadakan dengan judul baru.

Club senior IFL, IPC Pelindo II ada sebagai juara pada persaingan futsal itu. Pada 2016, AFI memilih untuk menukar nama jadi Liga Futsal Indonesia dengan persaingannya namanya Pro Futsal League. Nama itu juga bertahan sampai sekarang ini.

Pada persaingan Pro Futsal League (PFL), nama club Black Steel Manokwari dan Vamos Mataram ikut memberi warna daftar nama juara untuk liga futsal professional Indonesia itu.

Vamos Mataram disebut sebagai club futsal terbaik pada persaingan PFL karena sukses menjaga tiga titel juara secara beruntun di tahun 2017, 2018 dan 2019. Club asal Papua, Black Steel Manokwari berhasil mendapat dua titel juara di tahun 2016 dan 2020.

Untuk mendapatkan update informasi lebih lanjut mengenai futsal, sepakbola, hingga esport bisa kunjungi satuina.com

Leave a Comment