Amoxicillin: Perawatan yang Baik untuk Sakit Gigi?

Di masa lalu, orang percaya bahwa sakit gigi disebabkan oleh cacing di gigi seseorang. Itulah sebabnya dokter gigi akan menempatkan alat yang menyala di mulut Anda untuk mencari apa yang disebut “cacing” ini. Tetapi baru pada tahun 1860 para ilmuwan menemukan penyebab sebenarnya dari kerusakan gigi, yaitu bakteri yang disebut Streptococcus mutans dan Lactobacillus acidophilus. Bakteri ini ditemukan pada gigi dan gusi di mana mereka menciptakan asam yang menggerogoti lapisan email gigi, menyebabkan mereka menjadi sensitif atau bahkan menyakitkan. Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh gigi berlubang atau patah jika ada infeksi serta impaksi dari partikel makanan yang tersangkut di antara dua geraham yang berdekatan yang menyebabkan rasa sakit saat mengunyah.

Salah satu cara agar pasien gigi dapat menerima pengobatan untuk sakit gigi mereka adalah dengan minum antibiotik yang dikenal sebagai Amoxicillin. Amoxicillin biasanya digunakan sebagai cara untuk mencegah atau mengobati infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, dan infeksi saluran kemih. Ini juga telah terbukti berguna dalam kasus-kasus di mana telah terjadi kerusakan pada gigi akibat infeksi yang perlu dikurangi atau dihilangkan.

Meskipun ada banyak antibiotik yang tersedia saat ini, Amoxicillin adalah salah satu yang paling sering diresepkan. Ini dianggap aman karena dapat masuk ke dalam ASI dan tidak membahayakan bayi yang menyusui. Antibiotik ini biasanya tersedia dalam tablet 500 mg. Ini digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri tetapi bekerja paling baik ketika menargetkan infeksi streptokokus atau pneumokokus.

Harga bervariasi dari satu negara ke negara lain dan juga dapat bergantung pada situasi keuangan pasien. Harga Amoxicillin untuk sakit gigi di apotek cukup terjangkau, apalagi jika Anda membeli dengan merk generik akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Amoxicillin sering hadir dalam bentuk tablet 500 mg yang dapat dikonsumsi sehari sebanyak 3 kali atau setiap 8 jam sekali sesuai petunjuk dokter. Amoxicillin hanya akan bekerja melawan infeksi bakteri dan tidak akan membantu infeksi virus seperti pilek atau flu.

Beberapa pasien mungkin mengalami efek samping seperti diare, mual, muntah atau gatal-gatal pada vagina sementara yang lain mungkin tidak mengalaminya sama sekali, tetapi bagaimanapun juga, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menghentikan pengobatan. Jika Amoxicillin dihentikan terlalu cepat, itu tidak akan dapat sepenuhnya membunuh semua bakteri penyebab infeksi dan Anda bisa kembali ke tempat Anda memulai dengan sakit gigi lagi.

Leave a Comment